Tidak sedikit dari muslimah yang memanjangkan kuku mereka dengan alasan berhias. Padahal hal tersebut menyelisihi petunjuk Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الْفِطْرَةُ خَمْسٌ: الْخِتَانُ، وَالْاِسْتِحْدَادُ، وَقَصُّ الشَّارِبِ، وَتَقْلِيْمُ الْأَظْفَارِ، وَنَتْفُ الْإِبْطِ

“Perkara fitrah itu ada lima: khitan, mencukur rambut kemaluan, memotong kumis, menggunting kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Berkata Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhahullah,

“Menggunting kuku sunnah hukumnya dengan kesepakatan ulama, karena ia termasuk perkara fitrah yang disebutkan dalam hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Selain itu menggunting kuku merupakan upaya menjaga kebersihan dan keindahan, sementara membiarkannya tetap tumbuh memanjang menunjukkan kejelekan dan menyerupai binatang buas.

Selain itu kuku yang panjang akan berpotensi menyimpan kotoran di bawahnya dan menahan sampainya air ke bawah kuku.

Sangat disayangkan, sebagian muslimah telah ditimpa musibah dengan kebiasaan memanjangkan kuku karena mengikuti wanita-wanita kafir dan karena bodoh, tidak mengerti tentang Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Al Mu’minat).

Oleh karena itu potonglah kukumu wahai muslimah, jangan engkau membiarkannya panjang. (AJ)

 

Admin muslimahbelajar.com

AdminMuslimahberhias dengan panjang kuku,Kuku,potong kuku
Tidak sedikit dari muslimah yang memanjangkan kuku mereka dengan alasan berhias. Padahal hal tersebut menyelisihi petunjuk Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: الْفِطْرَةُ خَمْسٌ: الْخِتَانُ، وَالْاِسْتِحْدَادُ، وَقَصُّ الشَّارِبِ، وَتَقْلِيْمُ الْأَظْفَارِ، وَنَتْفُ الْإِبْطِ “Perkara fitrah itu ada lima: khitan, mencukur rambut kemaluan, memotong kumis, menggunting kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. al-Bukhari...