Menikah dengan seseorang yang disukai secara agama, akhlak dan fisiknya menjadi pilihan dan impian setiap orang. Namun bagaimana jadinya jika seseorang di paksa untuk menikah dengan orang yang tidak dia sukai, baik karena fisik atau karena agama dan akhlaknya. Tentu hal ini akan membawa kepada kemudharatan bagi orang tersebut.

Perlu diketahui, bahwa seorang wanita yang sudah balig diberi hak untuk menentukan pendamping hidupnya dan diperkenankan menolak calon suami yang diajukan orang tua atau kerabatnya bila tidak menyukainya.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

لاَ تُنْكَحُ اْلأَيِّمُ حَتَّى تُسْتَأْمَرَ وَلاَ تُنْكَحُ الْبِكْرُ حَتَّى تُسْتَأْذَنَ. قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ وَكَيْفَ إِذْنُهَا؟ قَالَ: أَنْ تَسْكُتَ

“Tidak boleh seorang janda dinikahkan hingga ia diajak musyawarah (dimintai pendapatnya), dan tidak boleh seorang gadis dinikahkan hingga diminta izinnya.” Para sahabat berkata: “Wahai Rasulullah, bagaimanakah izinnya seorang gadis?” “Izinnya adalah dengan ia diam”, jawab Rasulullah. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata,

يَا رَسُوْلَ اللهِ، إِنَّ الْبِكْرَ تَسْتَحِي. قاَلَ: رِضَاهَا صَمْتُهَا

“Wahai Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, sesungguhnya seorang gadis itu malu (untuk menjawab bila dimintai izinnya dalam masalah pernikahan).” Beliau menjelaskan, “Tanda ridhanya gadis itu (untuk dinikahkan) adalah diamnya.” (HR. Al-Bukhari)

Khansa` bintu Khidam Al-Anshariyyah mengabarkan, ayahnya menikahkannya dengan seorang lelaki ketika ia menjanda. Namun ia menolak pernikahan tersebut. Ia adukan perkaranya kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam, hingga akhirnya beliau membatalkan pernikahannya. (HR. Al-Bukhari)

Jadi jangan paksa wanita yang sudah balig untuk menikah dengan orang yang tidak dia sukai, baik secara agama ataupun fisik. Wallahu a’lam bis shawwab (AJ).

Admin muslimahbelajar.com

AdminMuslimahMenikah,menikah dengan laki yang tidak disukai
Menikah dengan seseorang yang disukai secara agama, akhlak dan fisiknya menjadi pilihan dan impian setiap orang. Namun bagaimana jadinya jika seseorang di paksa untuk menikah dengan orang yang tidak dia sukai, baik karena fisik atau karena agama dan akhlaknya. Tentu hal ini akan membawa kepada kemudharatan bagi orang tersebut. Perlu...